Informasi tentang Sumber Energi Pembaharuan

Pengertian Demokrasi Pancasila Penting

Banyak orang yang penasaran dengan pengertian demokrasi pancasila, demokasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian rakyat Indonesia. Demokrasi ini adalah dmeokrasi konstitusional yang berdasarkan pada kedaulatan rakyat. Sedangkan isi dari demokrasi pancasila adalah pelaksanaan UUD tahun 1945, menghargai dan melindungi HAM, pelaksanaan kehidupan ketatanegaraan yang berdasarkan dari kelembagaan, dan sebagai sendi hukum dijelaskan dalam UUD 1945.

Fungsi dari demokasi pancasila ini adalah menjamin keikutsertaan rakyat dalam kehidupan bernegara, menjamin tetap tegaknya NKRI, menjamin tetap tekaknya hukum, menjamin pemerintah yang bertanggung jawab, menjamin hubungan yang sama, serasi dan juga seimbang, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah Pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli :

  • GBHN 1978 dan 1983

Didalamnya menetapkan bahwa pembangunan politik diarahkan untuk memantapkan perwujudan demokrasi pancasila, sebagai perwujudan untuk stabilitas politik dan pelaksanaan mekanisme pancasila.

  • Dardji Darmo Diharjo

Beliau berpendapat bahwa demokrasi pancasila adalah paham demokrasi bersumber dari kepribadian juga filsafah hidup bangsa Indonesia, perwujudannya tertuang kedalam ketentuan pembukaan UUD 45.

  • Kansil

Yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan dan perwakilan. Yang mana merupakan sila keempat dari pancasila, juga tercantum dalam alinea ke 4 pembukaan UUD 1945.

  • Notonegoro

Pengertian demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpi oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan dan perwakilan, berketuhanan YME, berperikemanusiaan yang adil dan beratab, yang mempersatukan Indonesia, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Adapun prinsip demokrasi pancasila diantaranya adalah perlindungan hak asasi manusia, badan peradilan merdeka, pengambilan keputusan berdasar pada musyawarah, terdapat partai politik juga organisasi terkait, sebagai pelaksanaan pemilihan umum, menjunjung tinggi tujuan antara hak dan kewajiban, pelaksanaan kebebasan bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan YME, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun asas demokrasi pancasila terbagi menjadi dua, yaitu asa kerakyatan dan asas musyawarah. Asas kerakyatan adalah asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, memiliki jiwa rakyat dan menghayati kesadaran senasib dan memiliki cita-cita sama dengan rakyat. Untuk asas musyawarah adalah asas yang mengedepankan aspirasi rakyat dan dipilih untuk suara terbanyak dari rakyat.